Nasib Cerita Rakyat Madura

Cerita Rakyat Madura

Cerita rakyat Madura tumbuh berkembang bersama dengan penuturnya. Dahulu kala, cerita rakyat Madura mendapat tempat terhormat di hati pemiliknya karena cerita rakyat merupakan media primer dalam mewariskan nilai-nilai luhur Bangsa Madura beserta ajaran-ajaran moralnya

Adapun jenis ajaran moral yang dimaksud mencakup seluruh spektrum kehidupan Orang Madura. Ia adalah cerminan dari kehidupan masyarakat Madura dan dipersembahkan dengan kualitas terbaik untuk menyenangkan pendengarnya.

Sayangnya dengan semakin maju dan berkembangnya jaman, generasi Madura sekarang mulai melupakan cerita rakyat mereka sendiri. Ini dapat dibuktikan dari banyaknya diantara mereka yang merasa asing dengan nama-nama tokoh legendaris seperti Pangeran Segara, Ki Poleng, Bendoro Tumenggung, Jokotole, Adipoday, Adirasa, Dewi Retnadi, Ke’ Lesap, dan tokoh-tokoh legendaris lainnya.

Merekapun juga terkesan kurang paham tentang asal usul nama desa mereka dan cerita-cerita lain terkait kampung halaman mereka. Padahal, pengetahuan akan asal usul kampung halaman sangatlah penting untuk mempertahankan budaya nenek moyang mereka

Meskipun kajian tentang cerita Rakyat Madura ini telah beberapa kali dilakukan, namun pengamatan secara mendalam untuk menggali lebih jauh tentang metamorphosis cerita rakyat orang Madura beserta aspek-aspek yang menyertainya, jarang di laksanakan.

Penelitian yang menerapkan pendekatan fungsionalisme yang berarti bahwa dalam legenda atau cerita rakyat, ada sesuatu yang ingin dikomunikasikan atau disampaikan dalam suatu kelompok masyarakat. Karena cerita rakyat merupakan sebuah cara untuk mengkomunikasikan nilai-nilai dan menginformasikannya ke kelompok masyarakat.

Dalam cerita rakyat, terdapat empat fungsi integritas, yaitu fungsi pendidikan, sarana pelarian diri dari batasan-batasan budaya yang berterima, mempertahankan identitas budaya, dan validasi norma-norma budaya yang ada. Dengan demikian, cerita rakyat merupakan salah satu mekanisme penting dalam mempertahankan stabilitas kebudayaan.

Kajian dan penelitian cerita Rakyat Madura sangat penting bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Madura, agar dapat kembali mengingat salah satu kekayaan Bangsa Indonesia yaitu cerita rakyat Madura agar dapat dilestarikan serta dikenalkan kepada para generasi muda, khususnya generasi muda Madura.

 

Nasib Cerita Rakyat Madura

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: