Inilah Beberapa Fakta Unik Tentang Kopi

Fakta Unik Tentang Kopi

Fakta Unik Tentang Kopi yang Belum Diketahui Banyak Orang. Jangan mengaku sebagai seorang pecinta kopi jika anda belum mengetahui fakta unik tentang kopi. Kopi merupakan salah satu minuman paling favorit untuk semua kalangan.

Banyak sekali orang yang tak bisa membayangkan bagaimana hidup mereka tanpa kehadiran kopi. Jika berbicara mengenai kopi, setiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati sebagai International Coffe Day. Terdapat 77 negara yang ikut dalam International Coffe Organization ini dan memilih tanggal tersebut sebagai hari untuk memperingatinya. Mulai dari perjalanan hingga tersaji, kemudian dikonsumsi oleh kita.

Bagi sebagian orang, kopi lebih dari sekedar minuman untuk penghilang rasa kantuk. Rasanya, tubuh tidak akan bekerja secara maksimal jika belum mendapatkan asupan dari kopi. Akhirnya, kopi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat digandrungi serta dicintai dari para penikmat setianya.

Fakta Unik Tentang Kopi 

Terlepas dari titelnya yang merupakan salah satu minuman yang digemari di seluruh dunia, banyak sekali berbagai hal yang unik dan juga menarik seputar kopi yang mungkin belum anda ketahui. Berikut ulasannya untuk anda.

Tak hanya itu saja, kopi juga menyimpan berbagai macam fakta unik yang mungkin belum anda ketahui. Lalu apa saja fakta unik soal kopi tersebut? Berikut fakta tentang kopi.

1. Biji Kopi Tidak Hanya Berwarna Hitam

Fakta unik selanjutnya datang dari jenis warna dari biji kopi. Jika anda memperhatikan berbagai jenis biji kopi yang beredar di pasaran, memang pada umumnya biji kopi akan berwarna kecoklatan atau hitam. Akan tetapi, belakangan ini terdapat pula white coffe yang juga cukup populer di kalangan para pecinta kopi. Selain fakta unik tentang kopi tersebut, terdapat pula jenis kopi yang berwarna hijau dan sering disebut dengan kopi hijau.

2. Bukan Kafein, Melainkan Adenosine

Sebagian besar orang yang mengkonsumsi kopi ini menganggap bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Padahal bukan kafeinlah yang paling utama. Ketika tengah melakukan sebuah aktivitas, otak akan menjadi aktif, kemudian melepaskan neuron-neuron yang dapat memproduksi adenosine.

Secara otomatis, sistem saraf anda akan memonitor kadar adenoisme tersebut. Jika dirasa meningkat, maka kinerja otak tersebut juga akan menurun, kemudian menyebabkan rasa kantuk. Fakta unik tentang kopi tersebut tentu belum anda ketahui bukan?

3. Salah Satu Komoditi yang Sering Diperdagangkan

Fakta unik tentang kopi yang pertama adalah kopi termasuk salah satu jenis komoditi yang sangat sering diperdagangkan di seluruh dunia.

Saking populernya, komoditi ini menduduki peringkat kedua yang paling sering diperjualbelikan setelah penjualan minyak mentah yang ada di urutan nomor satu. Tak hanya itu, jual beli kopi juga mampu mengalahkan penjualan jenis komoditi yang lainnya seperti jenis gas alam ataupun emas.

4. Indonesia Merupakan Negara Penghasil Kopi Ketiga di Dunia

Sebagai seorang warga Indonesia, sudah sepatutnya bahwa kita berbangga karena Indonesia merupakan negara ketiga yang menghasilkan kopi terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan Indonesia menempati letak geografis yang berada di sekitar garis khatulistiwa sehingga menjadikan Indonesia sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi.

Fakta unik tentang kopi selanjutnya adalah ternyata tanaman kopi ini dibawa masuk ke Indonesia ketika masa penjajahan Belanda dahulu. Sebab, pada masa penjajahan dulu, jenis komoditi yang satu ini merupakan salah satu jenis yang sangat digemari.

5. Kopi Luwak Merupakan Kopi Termahal

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di dunia. Mulai dari kopi tubruk hingga kopi yang diproduksi di kafe kelas atas. Di antara banyak jenis kopi yang diperjualbelikan tersebut, ternyata jenis kopi luwak merupakan jenis kopi yang paling mahal harganya.

Mungkin anda telah mengetahui fakta unik tentang kopi jenis ini. Dikarenakan di Indonesia sendiri secangkir kopi luwak dihargai mencapai 300 ribu. Harga yang selangit ini dikarenakan kopi luwak berasal dari biji kopi hasil dari pencernaan hewan luwak. Kopi ini juga diklaim memiliki rasa yang jauh lebih nikmat jika dibandingkan degan jenis kopi pada umumnya. Proses untuk mendapatkan biji kopi inilah yang menjadikan kopi jenis ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastis.

 

Beberapa Fakta Unik Tentang Kopi

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: