Usaha digital saat ini menjadi pilihan favorit bagi pelaku usaha pemula. Sebabnya, terdapat sejumlah keuntungan dari bisnis digital yang membuatnya lebih unik daripada bisnis konvensional, berkat teknologi informasi yang terus berkembang dan terkini.
Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai bisnis digital, jenis-jenisnya, hingga keuntungan yang bisa diperoleh dari menjalankan bisnis digital. Bahkan jika Anda tertarik untuk membuka bisnis digital, ada banyak ide lentera bisnis yang bisa dipertimbangkan di bawah. Mari simak penjelasannya.
Apa itu Bisnis Digital?
Mengutip dari buku Business and Digital Economy oleh T Arief Pahlevi Pasha dan rekan-rekannya, bisnis digital adalah sejenis usaha yang memanfaatkan teknologi canggih ketika menciptakan sebuah produk atau mengkomersialkannya. Dalam dunia bisnis digital, dikenal juga istilah digital marketing yang menggunakan fitur internet dan teknologi informasi untuk memperluas fungsi marketing atau pemasaran secara konvensional.
Bisnis Digital dibagi menjadi beberapa jenis yaitu: marketplace, e-commerce, subscription, dan ad-supported. Berikut penjelasannya lebih lanjut.
Marketplace
Marketplace adalah sebuah bisnis digital di mana pemilik usaha menyediakan sarana bagi orang lain untuk menawarkan produk di platform yang mereka miliki. Contohnya seperti beberapa marketplace yang dikenal luas, yang sering disebut disebut si ijo dan si oren. Dengan kata lain, marketplace adalah wadah yang menghubungkan antara penjual dan pembeli serta mempermudah transaksi antara keduanya.
E-commerce
Jenis ini sering dianggap sama dengan marketplace, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan. Bisnis digital e-commerce dilakukan langsung oleh perusahaan atau produsen dengan mempersiapkan produk serta memasarkannya secara langsung. Contohnya adalah website milik retail pakaian yang memungkinkan pelanggan untuk memesan langsung dari website tersebut.
Ad-supported
Jenis bisnis digital ini biasanya diterapkan oleh media sosial yang para pengguna tidak perlu merogoh kocek langganan bulanan. Meskipun pengguna tidak membayar, media sosial tersebut tetap menghasilkan pemasukan dengan model bisnis ad-supported, di mana mereka akan menghasilkan profit dari iklan, sponsor, dan promosi yang ditayangkan melalui platform media sosial tersebut.
Subscription
Jenis bisnis digital subscription hidup dari biaya berlangganan yang dibayarkan penggunanya. Model bisnis digital ini biasanya diterapkan oleh platform streaming, konten bacaan, dan hiburan lainnya. Bisnis digital subscription merupakan majunya dari model bisnis berlangganan zaman dulu yang mengharuskan pelanggan merogoh kocek langganan bulanan untuk mendapatkan akses ke koran atau majalah.