3 Cara Efektif Agar Smartphone Tidak Sering Dicash

Smartphone Tidak Sering Dicash

Cara Efektif Agar Smartphone Tidak Sering Dicash dan Bergantung Powerbank. Saat ini penggunaan smartphone sudah semakin meluas di kalangan masyarakat. Bukan hanya orang dewasa, orang yang sudah tua bahkan anak-anak sudah terbiasa menggunakan smartphone.

Berbeda halnya dengan ponsel biasa, smartphone lebih memudahkan komunikasi di antara sesama pengguna disebabkan beragam fitur canggih yang dimilikinya. Sayangnya, keberadaan fitur-fitur terbaru pada perangkat smartphone tidak didukung oleh daya baterai yang memadai.

Akibatnya, smartphone harus sering dicash karena daya baterainya cepat habis dan bergantung pada powerbank untuk alternatif suplay daya jika ingin digunakan dalam waktu lama.

Namun bukan berarti tidak ada solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah smartphone sering dicash dan tergantung pada powerbank. Di bawah ini akan ada 3 tips yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai smartphone.

1. Kontrol penggunaan lokasi di aplikasi

Meskipun mematikan fungsi gps bisa menyebabkan penghematan daya baterai smartphone, tapi kenyataannya tidak begitu banyak. Berbeda halnya jika yang dilakukan adalah mengontrol lokasi di aplikasi, dengan cara melakukan pembatasan pembacaan posisi di perangkat smartphone yang digunakan.

Caranya, buka menu ‘Settings’ dan pilih ‘Location’, lalu pilih opsi ‘device only’ di bagian metode lokasi. Sebelumnya, jangan lupa juga untuk menonaktifkan pemindai wi-fi dan bluetooth.

2. Gunakan tema yang berwarna hitam

Mengaktifkan layar bertema hitam (dark theme) terbukti bisa meningkatkan daya tahan baterai. Dalam hal ini menggunakan wallpaper hitam atau mengaktifkan fitur dark theme. Wallpaper tersebut mudah didapatkan pada sejumlah aplikasi. Jika memungkinkan, sebaiknya dark theme tersebut diterapkan secara menyeluruh pada smartphone Anda.

3. Hapus aplikasi yang terlalu menguras energy baterai

Kebiasaan menginstall aplikasi yang terlihat menarik meskipun tidak begitu membutuhkannya merupakan salah satu sebab terkurasnya daya baterai dengan cepat. Pasalnya, sebagian dari aplikasi tersebut terkadang memiliki bug dan bekerja terlalu agresif sehingga menyedot energy baterai dengan sangat cepat.

Solusinya, buka fitur ‘Settings’ pada smartphone Anda, lalu pilih ‘Battery’, ‘Menu’, dan ‘Battery Usage’. Setelah itu coba perhatikan aplikasi-aplikasi apa saja yang terlalu boros dalam menggunakan daya baterai. Jika aplikasi tersebut tidak begitu penting, sebaiknya hapus saja.

 

Smartphone Tidak Sering Dicash

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *